Jumat, 27 Januari 2023

Danramil 13/Ngampilan Hadiri Undangan Kampung Suronatan Terpilih Sebagai Pilot Project Sekolah Orang Tua Hebat Oleh BKKBN

JOGJA KOTA – Kampung Suronatan terpilih menjadi Pilot Project pelaksanaan Sekolah Orang Tua Hebat oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY. Danramil 13/Ngampilan Kapten Inf Joko Wuryanto mengatakan, Sekolah Orang Tua Hebat atau SOTH merupakan program nasional dari BKKBN, berupa sekolah pengasuhan untuk meningkatkan kemampuan orang tua, dalam mengasuh dan mendidik anak agar tercipta generasi sehat dan berkualitas.

Program SOTH juga sejalan dengan upaya menurunkan angka stunting dan mewujudkan Indonesia Emas 2045. Tahun 2022 angka stunting di DIY turun dari 17,3 persen menjadi 16,4 persen, dan Kota Yogyakarta menjadi yang terendah yaitu 13,8 persen,” jelasnya dalam peluncuran Sekolah Orang Tua Hebat Kampung Suronatan, Kelurahan Notoprajan, Kemantren Ngampilan, Kota Yogyakarta, Kamis 26 Januari 2023.

Danramil 13/Ngampilan Kapten Inf Joko Wuryanto juga mengatakan, menekan angka stunting bukan hanya pada kesehatan fisik saja, tapi juga sehat secara emosional, intelektual, dan spiritual. Untuk itulah SOTH hadir menjadi salah satu upaya untuk memberikan pengasuhan terbaik bagi anak, mewujudkan keluarga dan generasi unggul, berkarakter, sehat, bahagia, dan sejahtera.

“Kampung Suronatan jadi proyek rintisan yang harapannnya bisa direplikasikan kabupaten lain di DIY, di sini juga memiliki kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Permata Hati, bahkan pernah menempati peringkat tiga nasional. Ini adalah modal baik, untuk dikembangkan dalam program SOTH,” ujarnya.

Sekitar 30 orang tua yang mengikuti SOTH di Kampung Suronatan. BKKBN sudah menyiapkan kurikulum yang akan disampaikan pada 13 kali pertemuan dalam enam bulan ke depan. Dengan materi seputar perencanaan hidup berkeluarga dan harapan orang tua untuk masa depan anak, keterlibatan ayah dalam pengasuhan, pemenuhan gizi untuk penurunan stunting hingga pembentukan karakter anak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Jalin Keakraban Dengan Warga Binaan Di Pos Ronda Pamularsih

Yogyakarta – Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serka Tri Haryanto, berhasil menjalin keakraban yang ...