Jumat, 24 Februari 2023

Batituud Bersama Babinsa Mengikuti Pengajian Rutin di Pendopo Kemantren Kotagede

Yogyakarta - Batituud Koramil 08/Kotagede Pelda Suwarjo bersama Serka Nurhadi dan Serda Agus Santoso mengikuti kegiatan pengajian Kamis pagi di Pendopo Abdi Praja Kantor Kemantren Kotagede, Kamis (23/02/2023). 

Pengajian rutin Kamis pagi di Kemantren Kotagede diawali dengan Tadarus membaca Surat AL Waqi'ah. Sebelum Tausiyah oleh Kepala KUA Kemantren Kotagede Bapak Mantri Pamong Praja memberikan arahan rencana kegiatan ke depan yang akan dilaksanakan Forkopimtren Kemantren Kotagede.

Bapak Kepala KUA Kotagede Ustadz Setyo Purwadi, M.Ag menerangkan,"Dalam bulan Sya'ban terdapat berbagai keutamaan yang menyangkut peningkatan kualitas kehidupan umat Islam, baik sebagai individu maupun dalam lingkup bermasyarakat. Di bulan ini, umat Islam juga dapat mulai mempersiapkan diri menjemput datangnya bulan termulia dengan penuh suka cita dan pengharapan anugerah dari Allah SWT karena telah mulai merasakan suasana kemuliaan Ramadhan.

Bulan Sya'ban merupakan momen persiapan sebelum bulan Ramadhan tiba. Ramadhan merupakan bulan bagi umat Islam memanen amalan baik seperti membaca Alquran, berpuasa, sholatat tahajud dan amalan yang dianjurkan lainnya. “Bulan Sya'ban adalah bulan yang tepat untuk membiasakan diri menunaikan amalan-amalan saleh,” lanjut Ustadz.

Lebih lanjut Ustadz Setyo Purwadi menerangkan, Keutamaan bulan Sya'ban adalah bagian dari bulan terakhir meng-qada puasa Ramadhan tahun lalu. Qada puasa atau mengganti atau membayar puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi umat Islam yang tidak memiliki uzur syar’i sebelum memasuki bulan Ramadhan berikutnya, jangan dilewatkan. Untuk menghadapi bulan Ramadhan, para ulama terdahulu membiasakan amalan-amalan soleh semenjak datangnya bulan Sya’ban, sehingga mereka sudah terlatih untuk menambahkan amalan-amalan mereka ketika di bulan Ramadhan.

Sementara itu Batituud Pelda Suwarjo mengatakan, “Dengan mengikuti pengajian, selain kita mendapatkan pahala dari Tuhan YME, kita juga bisa mempererat hubungan tali silaturahmi  antar komponen yang berada di wilayah Kemantren Kotagede serta menjalin hubungan yang baik  antar umat beragama.”

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Jalin Keakraban Dengan Warga Binaan Di Pos Ronda Pamularsih

Yogyakarta – Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serka Tri Haryanto, berhasil menjalin keakraban yang ...