Senin, 26 Juni 2023

Koramil Kraton Pengamanan Gladi Bersih Bregodo Kraton Yogyakarta

Yogyakarta - Koramil 11/Kraton melaksanakan kegiatan pengamanan gladi bersih Grebeg Idul Adha Tahun 2023/1444 H di Kompleks Bangsal Ponconiti Kraton Yogyakarta. Gladi bersih menjelang Grebeg Idul Adha diikuti sepuluh Bregodo Kraton Yogyakarta dan dua dari Pakualaman Yogyakarta dengan menggunakan pakaian sesuai dengan yang akan dilaksanakan pada 29 Juni mendatang, Minggu (25/6/2023).

Sertu Mizan menerangkan, berbeda dengan pelaksanaan tahun kemarin, rute pada tahun ini dengan mengambil start di Kemandungan Utara Alun-alun Selatan melewati Magangan, Kompleks Kraton, Bangsal Ponconiti, Pagelaran dan terakhir Masjid Gedhe Kauman. Dalam acara gladi bersih terbuka untuk umum dan bisa dilihat langsung oleh masyarakat yang berada di sekitar Kraton Yogyakarta. 

“Bregodo Kraton Yogyakarta bertugas sebagai pengawal dengan menempuh jarak sekitar 4 Km dengan berjalan kaki seperti pada pasukan Infanteri di TNI-AD dengan masing-masing pasukan dipimpin oleh seorang Komandan dan memiliki senjata yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan tugasnya dalam melindungi Kraton Yogyakarta,” ucapnya.

Sedangkan untuk para petugas keamanan yang berada di sekitar rute Bregodo membantu agar jalur yang dilalui tidak terhambat dan bisa mengatur posisi ataupun jarak aman untuk rute Bregodo yang sedang berjalan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Jalin Keakraban Dengan Warga Binaan Di Pos Ronda Pamularsih

Yogyakarta – Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serka Tri Haryanto, berhasil menjalin keakraban yang ...