Selasa, 29 Agustus 2023

Umbul Donga Dan Kirab Budaya Untuk Keselamatan NKRI Dan DIY

Yogyakarta - Danramil 11/Kraton Mayor Caj (K) Erni Sudarwati, S.Pd. bersama Forkopimtren Kraton menghadiri acara doa bersama "Umbul Donga" untuk keselamatan NKRI dan DIY dari  Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Indonesia (MLKI) bersama Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta di nDalem Pakuningratan Kadipaten Kemantren Kraton, Senin (28/08/2023).

Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dengan menggunakan bantuan/fasilitasi dana Keistimewaan tahun 2023 yang bertujuan untuk melestarikan budaya tradisi di Kota Yogyakarta dan sekaligus berdoa bersama memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk keselamatan NKRI pada Umumnya dan DIY pada khususnya.

Serangkaian kegiatan pada acara "Umbul Donga" adalah dengan melaksanakan kirab budaya, Penuangan air dari sumber mata air Kali Larangan, doa bersama,  Dahar Kembul Bujana. Kirab budaya dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Ir. Aman Yuriadijaya, MM di nDalem Pakuningratan. Selanjutnya kirab berjalan kaki dari nDalem Pakuningratan melewati jalan Polowijan menuju ke dalam Plaza Ngasem yang berjarak sekitar 150 meter dengan membawa Bendera Merah Putih dan iringan musik gamelan.

Sesampainya di Plaza Ngasem dilanjutkan dengan acara napak tilas sejarah sumber mata air Kali Larangan yang dahulu berada sekitar di kompleks pasar Ngasem dan dilanjut acara Dahar Kembul Bujana oleh peserta Kirab yang merupakan sesepuh dan pengurus dari paguyuban Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Indonesia(MLKI) dari wilayah kota dan Kabupaten yang ada di Yogyakarta.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Jalin Keakraban Dengan Warga Binaan Di Pos Ronda Pamularsih

Yogyakarta – Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serka Tri Haryanto, berhasil menjalin keakraban yang ...