Kamis, 16 November 2023

Kasdim Jogja Hadir Dalam Pembukaan Kegiatan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat

Yogyakarta – Kepala Staf Kodim 0734/Kota Yogyakarta hadiri pembukaan acara Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pencarian Dan Pertolongan Di lingkungan Kemantren Kraton dari Basarnas Pusat bertempat di Ndalem Prabeyo Jl. Magangan Kulon No. 3/4 Kraton, Kelurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta, Kamis (16/11/2023).

Hadir dalam kegiatan yaitu KRT Kusumonegoro, KRT Sindu Hadiningrat, Pj. Walikota Yogyakarta diwakili Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta Drs. Nur Hidayat,M.Si., Kasdim 0734/Kota Yogyakarta Letkol CZI Pribadi Setyo Pratomo, Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Yogyakarta Kamal Riswandi S.E., Kabid kedaruratan logistik dan Rehabilitasi Rekonstruksi BPBD kota Budi Purwono.

Dalam sambutan Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Yogyakarta Bapak Kamal Riswandi S.E. menyampaikan bahwa, Yogyakarta sebagai salah satu wilayah rawan bencana gempa bumi dengan kondisi kerentanan bencana tersebut maka perlu dilaksanakan kesiapsiagaan pencegahan dan pengurangan resiko terjadinya ratusan bahkan ribuan korban apabila terjadi bencana salah satu upaya pencegahan adalah dengan dilaksanakannya pemberdayaan masyarakat di bidang pencarian dan pertolongan dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Lebih lanjut Bapak Kamal Riswandi S.E. menjelaskan, melalui kantor pencarian dan pertolongan Yogyakarta sebagai unit pelaksana teknis serta Keraton Yogyakarta berkolaborasi dalam upaya pencegahan dan pengurangan risiko melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang pencarian dan pertolongan yang diselenggarakan di lingkungan Keraton Yogyakarta.

“Kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang pencarian dan pertolongan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan kemandirian masyarakat menghadapi kondisi kedaulatan seiring dengan meningkatnya frekuensi dan konversitas bencana alam serta perubahan iklim yang dapat meningkatkan resiko darurat pemberdayaan masyarakat di bidang pencarian dan pertolongan menjadi semakin penting,” pungkasnya.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Jalin Keakraban Dengan Warga Binaan Di Pos Ronda Pamularsih

Yogyakarta – Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serka Tri Haryanto, berhasil menjalin keakraban yang ...