Selasa, 12 Desember 2023

Babinsa Panembahan Menghadiri Sosialisasi Pelayanan Pindah Pemilih Dan Pembentukan KPPS

Yogyakarta - Babinsa Panembahan Koramil Kraton Sertu Agus menghadiri kegiatan Sosialisasi Pelayanan Pindah Pemilih Dan Pembentukan KPPS yang bertempat di Aula  Pendopo Mandira loka Kelurahan Panembahan Kemantren Kraton. Acara sosialisasi diikuti oleh pejabat RT dan perwakilan tokoh masyarakat di setiap kampung di Kelurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta, Senin (11/12/2023).

Dalam rangka pembentukan anggota KPPS Kelurahan dilaksanakan sosialisasi kepada warga masyarakat sebagai pemilih domisili wilayah. Sebagai syarat menjadi anggota KPPS Kelurahan merupakan warga masyarakat yang tinggal di daerah pemilihannya/Domisili dan bukan pengurus suatu partai politik karena penyelenggara Pemilu harus Netral dan wajib mengikuti tes sesuai Peraturan dari KPU.

Ketua PPS Panembahan Kraton Bintarto menjelaskan bahwa, sosialisasi adalah sebagai tahapan Pemilu untuk perbaikan data sementara pemilih pindah maupun pemilih tambahan yang terdapat di masing-masing RT/RW dengan menghadirkan Ketua RT untuk perbaikan data yang dihimpun oleh PPS kelurahan sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap.

“Karena dalam data PPS kelurahan di masing-masing RT/RW masih terdapat warga yang masih sebagai pemilih pindah maupun pemilih tambahan," tambahnya. 

“Untuk mengurus DPTB (Daftar pemilih tambahan) bisa menghubungi kelurahan atau PPS kelurahan. Sedangkan untuk Jumlah TPS sudah ditetapkan dan masih bisa berubah atau bertambah jumlahnya namun untuk data pemilih yang sudah menjadi pemilih tetap nantinya tidak bisa dirubah pada hari pemungutan suara," pungkasnya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Jalin Keakraban Dengan Warga Binaan Di Pos Ronda Pamularsih

Yogyakarta – Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serka Tri Haryanto, berhasil menjalin keakraban yang ...