Selasa, 19 Desember 2023

Kodim 0734/Kota Yogyakarta Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75

Yogyakarta – Memperingati Hari Bela Negara sebagai momentum untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju, Kodim 0734/Kota Yogyakarta menggelar upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 di lapangan apel Markas Kodim 0734/Kota Yogyakarta jalan AM. Sangaji No. 55 Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Selasa (19/12/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Staf Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo, Komandan Upacara Kapten Kav Rusdin (Danramil 10/Wirobrajan), peserta upacara para Danramil jajaran Kodim 0734/Kota Yogyakarta, para Perwira Staf serta personel dan PNS Kodim 0734/Kota Yogyakarta.

Dalam amanatnya, Kepala Staf Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo, membacakan amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo menyampaikan bahwa tema Hari Bela Negara tahun 2023 ini adalah “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju.” Tema ini memiliki makna bahwa bela negara merupakan kewajiban dan tanggung jawab setiap warga negara untuk menjaga kedaulatan negara di era globalisasi yang penuh dengan tantangan.

“Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat untuk bertindak, sekecil apapun yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara,” ucap Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo .

Menghadapi tantangan yang semakin tidak terduga, baik itu ancaman fisik dan juga ancaman yang tak kasat mata, menuntut kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.

“Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, mari kita kobarkan semangat Bela Negara dan senantiasa meningkatkan rasa cinta tanah air, dengan mengimplementasikan semangat bela negara dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menjaga kedaulatan negara dan mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera,” tutup Kepala Staf Kodim 0734/Kota Yogyakarta.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Jalin Keakraban Dengan Warga Binaan Di Pos Ronda Pamularsih

Yogyakarta – Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serka Tri Haryanto, berhasil menjalin keakraban yang ...