Jumat, 19 Januari 2024

Prajurit Kodim Jogja Mengikuti Sosialisasi Beladiri Taktis

Yogyakarta - Tingkatkan kemampuan, prajurit Kodim 0734/Kota Yogyakarta mengikuti sosialisasi penataran beladiri taktis di Gedung Serba Guna Yonif 403/Wirasada Pratista, Jalan Kaliurang Km 6,5 Kentungan, Condongcatur, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jumat (19/01/2024).

Beladiri taktis adalah bentuk beladiri militer yang cukup praktis dan efektif sehingga sangat penting untuk bisa dikuasai oleh seluruh prajurit. Kegiatan latihan beladiri taktis diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri setiap prajurit dalam membela diri. Selain menjaga diri juga untuk meningkatkan profesionalisme prajurit guna menunjang tugas-tugas kedepan.

Pasiops Kodim 0734/Kota Yogyakarta Kapten Arm Budiono menjelaskan bahwa, sosialisasi penataran beladiri militer secara taktis bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam olah diri bagi prajurit dalam membela diri dari macam gangguan secara perorangan maupun kelompok.

"Seluruh materi yang disampaikan pelatih agar diserap dengan baik oleh peserta beladiri taktis yang dilaksanakan selama 2 hari ini. Kader-kader tiap koramil agar mampu dan dapat dipertanggungjawabkan untuk menjadi kader pelatih di koramil masing-masing," tegasnya.

Dengan latihan beladiri taktis diharapkan seluruh prajurit memiliki kualitas yang lebih baik untuk menjaga diri maupun orang lain. Diharapkan mereka yang saat ini mengikuti sosialisasi akan menjadi kader dan memberikan bekal yang sudah didapatkan dari tim Jasmani Korem 072/Pamungkas untuk ditularkan ke rekan - rekan Koramilnya.

Sementara Kapten Inf  Suwito pengawas dari Jasrem menyampaikan bahwa, pelaksanaan latihan beladiri taktis dilaksanakan selama 2 hari dengan berbagai materi beladiri yang diberikan oleh tim jasmani Korem 072/ Pamungkas. Materi yang disampaikan dari tim pelatih Jasrem diantaranya teknik tangan kosong, teknik kuncian, teknik antisipasi senjata tajam, teknik antisipasi penodongan senjata tajam dan teknik perkelahian sangkur.

“Untuk peserta beladiri taktis agar mampu melindungi dirinya masing-masing dalam rangka mendukung tugas pokok satuan kewilayahan sehingga beladiri taktis yang diperoleh nantinya dapat menambah kemampuan prajurit dalam bidang beladiri untuk melindungi dirinya dan orang lain,” harapnya.

"Penataran beladiri taktis cukup singkat waktunya, untuk itu setiap peserta harus mencerna dengan baik dan dihafalkan sesuai gerakan yang diajarkan oleh tim Jasmani Korem 072/ Pamungkas," pungkasnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Jalin Keakraban Dengan Warga Binaan Di Pos Ronda Pamularsih

Yogyakarta – Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serka Tri Haryanto, berhasil menjalin keakraban yang ...