Senin, 26 Februari 2024

Peran Babinsa Dalam Meningkatkan Budaya Gotong Royong Melalui Tradisi Nyadran

Yogyakarta - Babinsa Kelurahan Rejowinangun Koramil 08/Kotagede Kodim 0734/Kota Yogyakarta Serma Suryadi mengikuti kegiatan Nyadran warga Kampung Rejowinangun yang dilaksanakan di Balai Panca Kampung Rejowinangun Kelurahan Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, Minggu (25/02/2024).

Kegiatan diawali dengan  pembukaan, Sambutan Ketua Paguyuban Pengurus Panca RW Rejowinangun Bapak Ir. Didik Purwadi, sambutan Pengelola Makam  Sotyo Binangun Rejowinangun Bapak Sarkun, dilanjutkan Ceramah Hikmah Nyadran yang disampaikan oleh Bapak Saiman Rais,  S.Sn dan diakhiri dengan Tahlil dan Doa bersama.

Dalam sambutannya Ir, Didik Purwadi menyampaikan, bahwa tradisi Nyadran merupakan suatu budaya mendoakan leluhur yang sudah meninggal sehingga dapat mengingatkan diri bahwa semua manusia pada akhirnya akan mengalami kematian, juga dijadikan sebagai sarana guna melestarikan budaya gotong royong  dalam masyarakat sekaligus upaya untuk dapat menjaga keharmonisan bertetangga.

Menurut Serma Suryadi dalam kegiatan tradisi Nyadran terdapat nilai-nilai sosial budaya seperti gotong royong, pengorbanan, ekonomi, menjalin silaturahmi, dan saling berbagi antar warga masyarakat di wilayah. 

"Dengan mengikuti kegiatan Nyadran di wilayah dapat menjadi sarana untuk komunikasi sosial, berinteraksi dengan warga masyarakat sehingga kehadiran Babinsa diharapkan dapat selalu diterima positif oleh warga masyarakat di wilayah binaan," ungkapnya.

Kehadiran Babinsa dalam kegiatan Nyadran di wilayah juga sebagai wujud memotivasi warga untuk tetap semangat dalam melestarikan Budaya dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan warga masyarakat di wilayah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Jalin Keakraban Dengan Warga Binaan Di Pos Ronda Pamularsih

Yogyakarta – Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serka Tri Haryanto, berhasil menjalin keakraban yang ...