Kamis, 26 September 2024

Tes Kesamaptaan Jasmani, Pastikan Prajurit Kodim Jogja Siap Melaksanakan Tugas

Yogyakarta - Kodim 0734/Kota Yogyakarta menggelar tes kesamaptaan jasmani bagi prajurit Bintara dan Tamtama serta ASN. Tes kesamaptaan jasmani periodik II Tahun 2024 itu digelar di Lapangan Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista, Kentungan, Sleman, D.I. Yogyakarta, Kamis (26/09/2024).

Sebelum pelaksanaan Garjas dimulai, terlebih dahulu para peserta melaksanakan pengecekan kesehatan oleh Petugas Medis dari RST dr. Soetarto Kota Yogyakarta dilanjutkan dengan senam peregangan otot oleh tim Jasrem 072/ Pamungkas.

Pasi Pers Kodim Jogja Mayor CKM (K) Septi Rahmawati, S.H., M.H selaku ketua pelaksana tes kesamaptaan jasmani periodik II 0734/Kota Yogyakarta menjelaskan, bahwa kegiatan hari ini untuk mengetahui tingkat kesamaptaan prajurit. Di samping itu kesegaran jasmani juga merupakan salah satu peran penting dalam pembinaan satuan.

“Diawali dengan melaksanakan tensi serta tes denyut nadi seluruh peserta, untuk melihat sejauh mana kesiapan dan kondisi fisik prajurit sebelum melaksanakan kegiatan samapta. Prosedur ini sangat penting karena kegiatan kesamaptaan jasmani termasuk kegiatan yang menguras tenaga dan cukup beresiko. Tentu kita berharap semua kegiatan berjalan lancar dan aman,” ucap Pasi Pers.


Lebih lanjut Mayor Septi Rahmawati menyampaikan, pada pelaksanaan kesamaptaan jasmani periodik II rencananya dilaksanakan selama 2 hari. Dimana kegiatan tes kesamaptaan tersebut wajib dilaksanakan bagi seluruh prajurit dilaksanakan dua kali dalam setahun. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran fisik prajurit. Sekaligus untuk mengukur kemampuan fisik prajurit secara berkala.

"Ini merupakan program TNI AD yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD dalam waktu satu periode sekali. Untuk itu, seluruh prajurit perlu selalu membina fisiknya dengan baik dengan memanfaatkan kegiatan pembinaan fisik di satuan,” jelasnya.

"Tes kesegaran jasmani secara periodik ini adalah program rutin dari Komando sebagai bentuk pembinaan satuan. Kesegaran jasmani ini juga salah satu syarat untuk mendapatkan kenaikan pangkat bagi para prajurit dengan kriteria sesuai dengan standar kelulusan yang ditentukan, " pungkasnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Jalin Keakraban Dengan Warga Binaan Di Pos Ronda Pamularsih

Yogyakarta – Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serka Tri Haryanto, berhasil menjalin keakraban yang ...