Selasa, 01 Oktober 2024

Kodim Kota Yogyakarta Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Yogyakarta - Kodim 0734/Kota Yogyakarta melaksanakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 di lapangan upacara Makodim 0734/Kota Yogyakarta Jl. A.M. Sangaji No. 55, Cokrodiningratan, Kemantren Jetis, Kota Yogyakarta, Selasa (01/10/2024).

Dalam momentum upacara ini, bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Letkol Inf Devy Kristiono, S.E., M.Si yang diwakili Kepala Staf Kodim Letko Czi Pribadi Setya Pratomo, Komandan Upacara Kapten Arh Suryadi, pembacaan ikrar Kapten Inf Muhamad Safrudin, pembaca UUD 1945 Letda Cba Budi Priyanto, sedangkan pembaca doa Kapten Inf Surono.

Hari Kesaktian Pancasila sendiri didasari sebuah peristiwa yang dialami para Pahlawan RI yang gugur pada peristiwa 30 September 1965 karena mempertahankan Ideologi Pancasila dari rongrongan kelompok tertentu. Rongrongan itu sendiri ada sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945. Bahkan upaya merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia itu dilakukan dari dalam negeri maupun luar negeri. 

 

 

 



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Jalin Keakraban Dengan Warga Binaan Di Pos Ronda Pamularsih

Yogyakarta – Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serka Tri Haryanto, berhasil menjalin keakraban yang ...