Rabu, 01 Februari 2023

Batituud Bersama Babinsa Rakor Rencana Edukasi Keliling Zero Sampah

Yogyakarta - Batituud Koramil 08/Kotagede Kodim 0734/Kota Yogyakarta Pelda Suwarjo dan Babinsa Kelurahan Purbayan Sertu Wandi melaksanakan kegiatan koordinasi rencana memberikan edukasi keliling zero sampah  diwilayah Kemantren Kotagede yang dilaksanakan di Kantor Koramil 08/Kotagede, Jalan Kemasan No. 16 Prenggan, Kemantren Kotagede, Selasa (31/01/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kasitrantib Kelurahan Rejowinangun Agung Pujo Amd, Personil Dinkes Kota Yogyakarta,  Batituud Koramil 08 Kotagede, Babinsa Kelurahan Purbayan, Bhabinkantimas Polsek Kotagede dan Puskesmas Kotagede.

Batituud Pelda Suwarjo mengatakan,"Edukasi sangatlah penting dan harus dilaksanakan agar dapat menghambat dampak besar yang terjadi apabila masih banyak dari kita yang  tidak tahu dalam melakukan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab." jelasnya.

Kasitrantib menyampaikan bahwa sampah yang tidak dikelola dengan baik, akan menarik banyaknya kuman-kuman dan hama seperti tikus, kecoak, semut, lalat yang dapat membawa kuman penyakit ke pemukiman. Selain itu, pencemaran lingkungan juga kerap terjadi akibat dari pengelolaan sampah yang tidak baik, juga  pencemaran air yang diakibatkan oleh sampah atau limbah yang langsung dibuang ke saluran air tanpa diolah kembali.

“Jika edukasi pengelolaan sampah ini dapat berjalan lancar, dapat memberikan manfaat dengan cara mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis atau dapat mengubah sampah agar menjadi material atau barang yang tidak membahayakan bagi lingkungan hidup,” lanjutnya.

Ada 3 tahapan mudah dalam pengelolaan sampah. Pertama, pemisahan jenis sampah antara organik dan anorganik. Kedua, kumpulkan dan berikan kepada pusat daur ulang karena sampah yang berbahaya seperti elektronik bekas yang dapat membahayakan lingkungan, Dan ke Tiga diet sampah plastik atau barang sekali pakai. 

Babinsa Sertu Wandi mengatakan,"Semakin banyak yang sadar akan keadaan lingkungan, semakin efektif juga dalam memperbaiki keadaan lingkungan hidup sekarang ini dan dapat membantu dalam menjaga keadaan lingkungan pada masa yang akan datang”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Patangpuluhan Jalin Keakraban Dengan Warga Sambil Menikmati Kopi

Yogyakarta – Dalam upaya mempererat tali silaturahmi dan mendekatkan diri dengan masyarakat, Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan,...