Jumat, 17 Maret 2023

Babinsa Prenggan Mengikuti Screening Yang Diselenggarakan Oleh Puskesmas Kotagede

Yogyakarta - Babinsa Kelurahan Prenggan Koramil 08/Kotagede Kodim 0734/Kota Yogyakarta Serka Nurhadi mengikuti kegiatan Screening Kesehatan yang diselenggarakan oleh  Puskesmas Kotagode 1 di Pendopo Abdi Praja Kemantren Kotagede, Rabu (15/02/2023). 

Kegiatan Skrining kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM) oleh petugas Zero TB UGM dan dari Puskesmas Kotagode 1 Kota Yogyakarta  bertujuan untuk monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi (Penyakit Jantung,Diabetes, Paru,Asma,Dan Kanker).  

Kegiatan tersebut diikuti oleh warga masyarakat wilayah Rw 1 dan Rw 2 Kelurahan Prenggan Kemantren Kotagede. Kegiatan utama Posbindu PTM melliputi  Deteksi dini faktor risiko dan monitoring, Konseling dan rujukan. Adapun jenis kegiatan Posbindu PTM meliputi : Melakukan wawancara untuk menggali informasi faktor resiko keturunan dan perilaku, melakukan penimbangan dan pengukuran lingkar perut serta Indeks Massa Tubuh termasuk analisa lemak tubuh, melakukan pengukuran tekanan darah, melakukan pemeriksaan gula darah, melakukan pengukuran kadar lemak darah (kolesterol total dan trigliserida), melaksanakan konseling, melakukan rujukan ke Puskesmas (apabila diperlukan). 

Babinsa serka Nurhadi mengatakan, Puskesmas memiliki peran penting sebagai media pelayanan kesehatan masyarakat, untuk itu perlu adanya sinergi yang baik antara Puskesmas dengan segenap elemen. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan berbagai kerjasama untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga masyarakat, kami dari Koramil 08/Kotagede siap membantu dan mendampingi setiap kegiatan yang dilakukan di wilayah Kemantren Kotagede.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Patangpuluhan Jalin Keakraban Dengan Warga Sambil Menikmati Kopi

Yogyakarta – Dalam upaya mempererat tali silaturahmi dan mendekatkan diri dengan masyarakat, Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan,...