Selasa, 17 Januari 2023

Babinsa Kadipaten Membantu Mengembangkan Lahan Pertanian di Tengah Kota Yogyakarta

Yogyakarta - Untuk membantu menyuburkan tanah dan tanaman Babinsa Kadipaten Kopka Witanto membantu kelompok Tani Kencana Asri Kelurahan Kadipaten Kraton dalam pembuatan biopori. Nampak anggota Koramil beserta warga kelompok Tani lainnya sedang mencari tempat di sekitar area lahan untuk dibuatkan lubang biopori, Senin (16/1/2023).

Menurut salah seorang pengelola kelompok Tani Kencana Asri, Bapak Murdiantoro menuturkan bahwa penyiapan lahan untuk biopori karena kesuburan tanaman buah-buahan yang dibudidayakan masih kurang dan perlu membutuhkan pupuk dari kompos yang lebih murah.

Kelompok Tani di perkotaan banyak mengembangkan budidaya tanaman buah-buahan dan sayuran yang bisa dikonsumsi oleh kelompok Tani maupun bisa dijual. Namun karena produksi tanaman hanya sedikit serta lahannya terbatas sehingga kalah bersaing dengan petani yang berada di wilayah pedesaan sehingga cenderung hanya sebagai kegiatan penghijauan dan pemeliharaan lingkungan hidup, terangnya 

Kebutuhan akan konsumsi buah-buahan dan sayuran sangatlah tinggi apalagi di wilayah perkotaan yang banyak terdapat usaha restoran atau kuliner dan padat penduduk sehingga tidak bisa menanam sendiri karena tidak adanya lahan pertanian yang luas. Namun untuk bisa mengembangkan budidaya pertanian maka melalui kelompok Tani mengupayakan penanaman berbagai jenis tanaman buah-buahan secara mandiri.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jalin Silaturahmi Dan Kedekatan, Babinsa Sambangi Warga

Yogyakarta – Babinsa Notoprajan Koramil 13/Ngampilan, Sertu Wardiyono menyambangi warga di wilayah binaan di kampung Serangan kelurahan No...