Kamis, 09 Februari 2023

Babinsa Preggan Laksanakan Patroli dan Monitoring Tempat Pembuangan Sampah Sementara

JOGJA KOTA - Mewujudkan kebersihan lingkungan  dan gerakan zero Sampah di wilayah binaan, Babinsa Kelurahan Prenggan Koramil 08/Kotagede melaksanakan patroli dan monitoring tempat pembuangan sampah sementara.

Pada kesempatan itu Babinsa Kelurahan Prenggan Koramil 08/Kotagede Kodim 0734/Kota Yogyakarta Serka Harmen Hasibuan melaksanakan patroli pemantauan tempat pembuangan sampah sementara seputar Lapangan Karang sebagai wujud upaya membantu program zero sampah yang sedang digalakkan oleh Pemerintah kota Yogyakarta. Selasa (07/02/2023).

Babinsa serka Harmen mengatakan," Sampah yang tidak terkelola dapat menimbulkan kuman-kuman dan hama seperti tikus, kecoak, semut, lalat yang dapat membawa kuman penyakit ke pemukiman. Selain itu, pencemaran lingkungan juga kerap terjadi akibat dari pengelolaan sampah yang tidak baik, juga pencemaran air yang diakibatkan oleh sampah atau limbah yang langsung dibuang ke saluran air tanpa diolah kembali." Tandasnya 

“Sampah yang terkelola dengan baik dapat memberikan manfaat dengan cara mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis atau dapat mengubah sampah agar menjadi material atau barang yang tidak membahayakan bagi lingkungan hidup,” lanjutnya. 

Ada 3 tahapan mudah dalam pengelolaan sampah. Pertama, pemisahan jenis sampah antara organik dan anorganik. Kedua, kumpulkan dan berikan kepada pusat daur ulang karena sampah yang berbahaya seperti elektronik bekas yang dapat membahayakan lingkungan, Dan ke Tiga diet sampah plastik atau barang sekali pakai. 

"Semakin banyak yang sadar akan keadaan lingkungan, semakin efektif juga dalam memperbaiki keadaan lingkungan hidup sekarang ini dan dapat membantu dalam menjaga keadaan lingkungan pada masa yang akan datang”. Tutup Babinsa Serka Harmen Hasibuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jalin Silaturahmi Dan Kedekatan, Babinsa Sambangi Warga

Yogyakarta – Babinsa Notoprajan Koramil 13/Ngampilan, Sertu Wardiyono menyambangi warga di wilayah binaan di kampung Serangan kelurahan No...