Jumat, 03 Maret 2023

Babinsa Panembahan Sambang Kampung di Tempat Pemugaran Jokteng Lor Wetan Kraton

Yogyakarta - Babinsa Panembahan Serda Kuswoyo melaksanakan sambang wilayah di RT. 75, RW. 18 Kelurahan Panembahan Kraton bertemu dengan Bapak Sigit salah seorang warga yang tinggal di tempat pemugaran Benteng milik Kraton Yogyakarta. Kegiatan ini sebagai upaya untuk bisa bertemu dengan warga yang berada di sekitar Jokteng Lor Wetan Kraton, Kamis (2/3/2023).

Menurut Sigit, warga yang kini menempati rumah di pinggir Benteng menuturkan bahwa keluarganya sudah tinggal cukup lama tinggal dari sejak kecil dan menempati  dari orang tuanya. Sebagian dari saudaranya juga sudah banyak yang tinggal di luar dan saat ini sedang membongkar bagian atas rumahnya karena akan ada pembangunan lanjutan Benteng Kraton.

“Warga yang tinggal di jalur cagar budaya sudah mendapatkan sosialisasi untuk pemugaran guna kelanjutan revitalisasi cagar budaya Kraton yang akan dikembalikan ke bentuk semula atau sesuai dengan yang aslinya,"terangnya 

Tempat tersebut dahulu merupakan cagar budaya Kraton yang digunakan untuk sekedar tempat berteduh atau tempat tinggal sementara bagi warga atau abdi dalem Kraton dan sudah ada izin dari Kraton. Seiring berjalannya waktu kemudian menjadi bangunan semi permanen dan bahkan ada yang membangunnya hingga turun temurun dari keluarganya hingga sampai sekarang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Patangpuluhan Jalin Keakraban Dengan Warga Sambil Menikmati Kopi

Yogyakarta – Dalam upaya mempererat tali silaturahmi dan mendekatkan diri dengan masyarakat, Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan,...