Rabu, 11 Januari 2023

Babinsa Prawirodirjan Melaksanakan Pendampingan Pemanfaatan Sampah Plastik di Kelurahan Prawirodirjan

Yogyakarta - Babinsa Prawirodirjan Koramil 12/Gondomanan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Sertu Ali Anwar melaksanakan kegiatan pendampingan pemilahan sampah rumah tangga menjadi menjadi nilai tambah dalam rangka program gerakan Zero sampah Anorganik 2023 di Aula Mekarsari RW. 09 Kelurahan Prawirodirjan, Kemantren Gondomanan, kota Yogyakarta, DI.Yogyakarta, Selasa (10/01/2023).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengelola sampah plastik yang ada di rumah dan lingkungan sekitar. Tujuan ini dicapai melalui pelaksanaan sosialisasi pemanfaatan sampah plastik yang melibatkan Ibu-ibu rumah tangga dari kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk diajarkan cara pengolahan sampah tersebut. 

Kegiatan ini diajarkan dengan metode reuse, dimana sampah-sampah yang ada di rumah dan lingkungan disekitar diolah kembali menjadi produk yang bernilai guna serta bernilai ekonomi serta diajarkan untuk mengolah sampah menjadi berbagai kerajinan tangan seperti hiasan dinding, vas bunga, tas, dompet, dll.

Sertu Ali Anwar menyampaikan bahwa kegiatan ini telah berhasil meningkatkan pengetahuan warga binaan yang dibuktikan dengan hasil penyebaran kuesioner bahwa 85% warga binaan telah memahami cara pembuatan kerajinan tangan yang telah diajarkan. Kegiatan ini diintegrasikan ke dalam kegiatan PKK sehingga dapat menunjang keterampilan Ibu-ibu rumah tangga dan pemberdayaan masyarakat di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Patangpuluhan Jalin Keakraban Dengan Warga Sambil Menikmati Kopi

Yogyakarta – Dalam upaya mempererat tali silaturahmi dan mendekatkan diri dengan masyarakat, Babinsa Patangpuluhan, Koramil 10/Wirobrajan,...