Senin, 13 Februari 2023

Danramil 08/Kotagede Bersama Babinsa Hadiri Pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Se_Kemantren Kotagede

JOGJA KOTA - Danramil 08/Kotagede Kapten Kav. Rusdin bersama Babinsa  Sertu Kristanto menghadiri kegiatan Pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) se- Kemantren Kotagede yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Prenggan Kemantren Kotagede Yogyakarta. Minggu (12/02/2023).

Dalam rangka melaksanakan dan mensukseskan tahapan persiapan Pemilihan Umum serentak tahun 2024, Panitia Pemilihan Kecamatan Kotagede menyelenggarakan pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) se Kemantren Kotagede. 

Adapun kegiatan pelantikan tersebut dihadiri oleh: Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede, Danramil 08/ Kotagede, Kapolsek Kotagede, Kepala KUA Kemantren Kotagede, Lurah Se Kemantren Kotagede, Babinsa Kelurahan Rejowinangun, PPK Se-Kemantren  Kotagede, Ketua Panwascam Kotagede dan anggota Pantarlih se Kotagede.

Petugas pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih adalah petugas yang dibentuk untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilu. Pantarlih dibentuk oleh panitia pemungutan suara (PPS) dan berkedudukan di lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Setiap TPS memiliki satu orang Pantarlih yang diangkat oleh PPS atas nama KPU Kabupaten/Kota.

Pantarlih bertugas untuk melaksanakan tahapan pemutakhiran data pemilih. Membantu KPU Kabupaten/Kota, panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan PPS dalam melakukan penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih. Melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih, memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih. Menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, PPK dan PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kewajiban Pantarlih dalam Pemilu meliputi, Melakukan koordinasi dalam membantu PPS untuk menyusun daftar pemilih hasil pemutakhiran, dan menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan pencocokan dan penelitian kepada PPS.

Danramil 08/Kotagede Kapten kav. Rusdin menyampaikan,"  Semoga seluruh anggota Pantarlih se Kemantren Kotagede yang sudah dilantik dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh semangat dan tanggung jawab," Tutur Danramil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jalin Silaturahmi Dan Kedekatan, Babinsa Sambangi Warga

Yogyakarta – Babinsa Notoprajan Koramil 13/Ngampilan, Sertu Wardiyono menyambangi warga di wilayah binaan di kampung Serangan kelurahan No...